Saturday, January 5, 2013

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar


Tidak sedikit dari kita yang sering diserang rasa kantuk saat kita sedang berkonsentrasi untuk belajar dan pasti tidak sedikit pula yang mengalami hal seperti ini. Tidak hanya pada saat belajar saja, bahkan saat bekerja dan mengemudi pun kita sering kali tidak luput dari rasa kantuk.
Rasa kantuk membuat kita menjadi kesulitan dalam mencapai tujuan yang kita inginkan bahkan akan menimbulkan resiko jika rasa kantuk menyerang pada saat kita mengemudi. Seperti yang dilansir dari kompas.com bahwa beberapa mahasiswa dan pelajar mengaku tidak bisa mencapai hasil yang maksimal karena sering mengantuk pada saat mereka belajar.
Seorang Psikolog Yayasan Anak Indonesia Suka Membaca yang bernama Linda Saptadji mengembangkan suatu metode dengan nama “Nafas Cuci Aura”, dengan metode
tersebut seseorang dapat menunda rasa kantuknya dalam waktu tiga jam. Berikut ini adalah tahap-tahap dalam Nafas Cuci Aura :
1. Duduk tegak dalam posisi 90 derajat lalu letakkan tangan di atas paha agar rileks. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan kembali secara perlahan. Ulangi cara ini sampai tiga kali.
2. Masih dalam posisi duduk, tutuplah lubang hidung sebelah kanan lalu tarik napas dalam-dalam lewat lubang hidung sebelah kiri, tahan napas sejenak dan jangan hembuskan dulu. Pada saat masih menahan napas, bukalah lubang hidung sebelah kanan dan sekarang tutuplah lubang hidung sebelah kiri. Hembuskan secara perlahan lewat lubang hidung sebelah kanan. Ulangi hal tersebut sampai tiga kali.
3. Gosokkan kedua telapak tangan Anda sampai timbul rasa panas pada kedua telapak tangan Anda. Setelah itu, tempelkan kedua telapak tangan pada wajah. Dengan demikian, Anda akan merasa segar kembali dan terbebas dari rasa kantuk hingga tiga jam.
Meski demikian, rasa kantuk timbul akibat kurang istirahat atau terlalu lelah akibat melakukan aktivitas sepanjang hari. Maka dari itu, menjaga pola hidup dan pola makan serta memperbanyak asupan cairan seperti minum air putih atau mengonsumsi buah dan sayuran. Dengan demikian, metabolisme di dalam tubuh kita dapat tetap segar dan bugar untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.
Selain itu, posisi duduk dalam belajar juga perlu diperhatikan. Jangan belajar pada posisi duduk dalam belajar juga sangat penting. Jangan belajar pada posisi membungkuk atau bersandar, jangan pula belajar sambil tiduran sebab malah menimbulkan rasa kantuk lagi. Duduk tegak dengan posisi 90 derajat membuat kita terjaga dan fokus pada apa yang kita pelajari.

0 komentar:

Post a Comment